UTS CI – Mahasiswa Sentra Inovasi dan Kreatif – Untuk Indonesia dan Dunia yang lebih baik.

Mahasiswa, bukanlah siswa biasa dan belom lah dewasa. Semangat dan ide ber api-api namun cenderung malas dalam bertindak. hmm ya begitulah cara gw mendescribe keadaan mahasiswa kita jaman sekarang. ide, sebenernya adalah ilham yang datang dari sang ilahi yang dianugerahi pada kita, namun seharusnya kita sadar bahwa ilham itu diberikan kepada berbagai orang bukan hanya kita, yang bisa sukses dan berhasil adalah yang dapat megnimplementasikan secara nyata ide tersebut. Inovasi dan Kreatif hmm apa itu ya? Menurut John Adair (1996) Inovasi adalah proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru. Konsep kebaruan ini berbeda bagi kebanyakan orang karena sifat nya relative (apa yang dianggap baru oleh seseorang atau pada suatu konteks dapat menjadi sesuatu yang meruapakan lama bagi orang lain dalam konteks lain) dan kreatif adalah Menghadirkan sesuatu benda atau hal yang sebelumnya sama sekali belum ada untuk dipergunakan. Ide yang kratif dikaitkan dengan ide yang baru paling tidak untuk orang yang bersangkutan Ide kreatif ini dapat melibatkan sebuah usaha penggabungan du ahal atau lebih ide-ide secara langsung.

Di dunia Bisnis, kreatif dan inovasi sangatlah dibutuhkan untuk mendapatkan hati para konsumen, seperti halnya trend bisnis di Indo jaman sekarang, siapa yang sangka 5 tahun lalu tahu digoreng tepung dan dikasi mayonaise itu enak ( tahu brintik), siapa yang sangka makan tradisional pisang ijo bisa merajalela dan jadi makanan keren anak muda atau keripik singkong yang dari jaman nenek moyang kita masih pakai kemben kemana-mana tiba2 jadi fenomena masal dengan hadirnya maicih, persaingan semakin ketat dan hukum rimba mulai berlaku siapa yang lemah dia yang kalah, siapa yang beda dan kreatif dialah yang menjadi RAJA (bukan menjadi band radja ya, itu lain soal :p, maaf garing). well to be honest pak apiq, masyarakat muda sekarang di indonesia sudah semakin kreatif dalam berinovasi dan berkarya. khusunya untuk kalangan mahasiswa, sudah banyak karya2 inovatif yang dilahirkan anak bangsa kita, contohnya adalah ide dari Fendy Junata Mahasiswa ITB, yang menggunakan air limbah tapioka menjadi sebuah pembangkit listrik, ataupun teman saya (dan saya bangga bekerja dengannya) Hafidz Surapranata yangmembuat ice cream sehat dengan bahan dasar sayuran dan susu kedelai.

Atau mungkin teman saya Maya subianto dan Melissa (mahasiswa SBM ) yang dengan kreatif menggunakan jasa internet sebagai media mereka berpromosi dan berdagang sudah merupakan hasil dari buah pikiran mereka untuk berpikir kreatif. mahasiswa pada umumnya pastilah sering memikirkan ide ataupun gagasan brillian yang terkadang hanya terkunci dalam pikiran mereka tanpa sempat mereka tunjukan pada dunia tentang ide mereka. Sesuai pertanyaan pak Apiq , prospek apa dan di sektor apa mahasiswa dapat mengembangkan inovasi dan kreatifitas mereka..hmmm jujur sebenernya bisa diberbagai bidang kita berkembang, dan sudah banyak wadah untuk menunjukan buah pemikiran kita. di ITB ada ITB fair sebentar lagi, dan yang sudah lewat kemarin ada event PKM untuk mendapatkan dana menjalankan ide kreatif kita dari pemerintah. Namun menurut saya ada yang lebih penting dari itu, karena itu saya ingin bercerita tantang seseorang yang saya kagumi, ia berkreasi bukanlah untuk uang…., bukan juga untuk menjadi tenar…. dan bukan juga untuk mendapatkan wanita ( EHM! jangan muna ya cowo2 jujur aja, kecuali gw tentunya kan susasti ku sudah paling cantik hehe)..ia melakukannya untuk GREATER GOOD, BETTER HUMAN MANKIND. salah satu tokoh inspirasional saya yang mengubah dunia.. Thomas Alvaa Edison ..

Lahir dengan nama Thomas Alva Edison di Ohio pada tanggal 11 Februari 1847, Namun karena orang tuanya sering berpindah ia tumbuh besar di Michigan. Semasa kecil ia dianggap sebagai anak yang bodoh dan tidak berbakat ( i wonder why, setiap orang sukses pasti masa kecilnya amatlah suram, dan dianggap bodoh atau idiot, seperti einstein juga.. huhuu sayang sekali aku tidak begitu , but no worry i’ll be “something” 😀 ),sehingga ia dikeluarkan dari sekolahnya, namun ibunya dengan setia dan gigih mengajar anaknya di rumah , kebetulan ibunda nya adalah seorang guru. Ibunya percaya kalau edison kecil akan menjadi sesuatu kelak , tanpa terpatri oleh kata-kata guru disekolah tentang anaknya yang bodoh ( uhhhhh.. heart touching! woww very brave isn’t she? :’) ) sangat berbeda dengan kebanyakan orang tua jaman sekarang yang lebih menuntut dibanding membimbing sang anak, salah satu kesalahan yang menurut saya membuat kreatifitas anak kurang (curcol hehe). Orang tua cenderung sekarang ini ingin membuat anaknya seperti yang mereka mau, dan tidak percaya pada kemampuan alamiah sang anak, sehingga banyak bakat yang tidak muncul saat mereka dewasa. sungguh miris.

Meskipun tidak sekolah, Edison kecil menunjukkan sifat ingin tahu yang mendalam dan selalu ingin mencoba. Saat kecil ia gemar membedah hewan-hewan, namun bukanlah untuk menyakiti mereka ataupun suka melihat mereka tersiksa, ia ingin mempelajari dan penasaran dengan hal yang membuat binatang itu hidup, namun tetep aja si gw merasakan kalo gw melihat langsung, gw bakal ngira anak itu sadis setengah mati dan sedikit psikopat hehe… Pada usia sebelas tahun Edison membangun laboratorium kimia sederhana di ruang bawah tanah rumah ayahnya ( eleven guys! he’s just eleven! uuuhh) . dan hanya dalam waktu setahun kemudia dia dapat membuat telegraph pertamanya ( bayangkan dengan umur 12 tahun kita apa yang sudah kita buat 😦 )

Seluruh eksperimen yang senang ia lakukan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena itulah semenjak kecil ia juga sudah terbiasa mencara uang tambahan. pada usia dua belas tahun Edison bekerja sebagai penjual koran dan permen di atas kereta api yang beroperasi antara kota Port Huron dan Detroit. ia lalu memnita ijin kepada pemilik kereta agar dapat dibuatkan labo di dalam gerbong kereta sehingga eksperimennya tidak akan terbengkalai. Di sanalah ia melakukan percobaan dan membaca literatur ketika sedang tidak bertugas.

Tahun 1861 terjadi perang saudara antara negara-negara bagian utara dan selatan. Topik ini menjadi perhatian orang-orang. Thomas Alva Edison melihat peluang ini dan membeli sebuah alat cetak tua seharga 12 dolar, kemudian mencetak sendiri korannya yang diberi nama “Weekly Herald”. Koran ini adalah koran pertama yang dicetak di atas kereta api dan lumayan laku terjual. Oplahnya mencapai 400 sehari.

Tahun 1868 Edison mendapat pekerjaan sebagai operator telegraf di Boston. Seluruh waktu luangnya dihabiskan untuk melakukan percobaan-percobaan tehnik. Tahun ini pula ia menemukan sistem interkom elektrik. Thomas Alva Edison mendapat hak paten pertamanya untuk alat electric vote recorder tetapi tidak ada yang tertarik membelinya sehingga ia beralih ke penemuan yang bersifat komersial. Penemuan pertamanya yang bersifat komersial adalah pengembangan stock ticker. Edison menjual penemuaannya ke sebuah perusahaan dan mendapat uang sebesar 40000 dollar. Uang ini digunakan oleh Edison untuk membuka perusahaan dan laboratorium di Menlo Park, New Jersey. Di laboratorium inilah ia menelurkan berbagai penemuan yang kemudian mengubah pola hidup sebagian besar orang-orang di dunia.

Tahun 1877 ia menemukan phonograph. Pada tahun ini pula ia menyibukkan diri dengan masalah yang pada waktu itu menjadi perhatian banyak peneliti: lampu pijar ( yang nantinya merupakan penemuan terbesar dalam hidup Edison. Edison menyadari betapa pentingnya sumber cahaya semacam itu bagi kehidupan umat manusia. Oleh karena itu Edison mencurahkan seluruh tenaga dan waktunya, serta menghabiskan uang sebanyak 40.000 dollar dalam kurun waktu dua tahun untuk percobaan membuat lampu pijar. Persoalannya ialah bagaimana menemukan bahan yg bisa berpijar ketika dialiri arus listrik tetapi tidak terbakar. Total ada sekitar 6000 bahan yang dicobanya. Melalui usaha keras Edison, akhirnya pada tanggal 21 Oktober 1879 lahirlah lampu pijar listrik pertama yang mampu menyala selama 40 jam.

Masih banyak lagi hasil penemuan Edison yang bermanfaat. Secara keseluruhan Edison telah menghasilkan 1.039 hak paten. Penemuannya yang jarang disebutkan antara lain : telegraf cetak, pulpen elektrik, proses penambangan magnetik, torpedo listrik, karet sintetis, baterai alkaline, pengaduk semen, mikrofon, transmiter telepon karbon dan proyektor gambar bergerak.

Dari semua kehebatan edison tadi ada hal yang ingin saya tonjolkan untuk menjawab pak Apiq tentang kreatif dan Inovasi

Surat kabar di atas kereta pertamaKegemaran Edison bereksperimen di gerbong kereta api membuatnya memiliki laboratorium di dalam gerbong barang meski akhirnya laboratorium itu terbakar. Edison kemudian membangun kembali laboratorium kimia dan percetakan di bagasi mobil. Dari sinilah ia mempublikasikan Grand Trunk Herald yang merupakan surat kabar pertama yang dipublikasikan di atas kereta.Melamar Istrinya dengan kode Morse

Apa arti romantis jaman sekarang ? bilang i love you didepan kelas? kasih bunga sambil bertumpu lutut ? atau candle light dinner diatas menara eiffel ( ehmmm yah ini sih romantis parah hehe ), tapi lihat cara unik Edison untuk melamar istrinya, Mina . Ia mengajari Mina kode Morse agar mereka dapat berkomunikasi secara rahasia dengan ketukan kode di tangan mereka. Suatu hari Edison bertanya kepada Mina: .- – ..- .-.. -.. -.- – ..- – .- .-. .-. -.- – . yang kemudian dijawab Mina dengan: -.- . … Tak lama kemudian, keduanya pun menikah. So sweet bukaaann , hehehe ( pengen deh ;P )

Failure is not inside my dictionary

Suatu ketika ,Edison memprotes sebuah surat kabar yang memuat judul berita utama: “Setelah 9.955 kali gagal menemukan bola lampu pijar, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala”. Ia meminta judul berita itu diganti. Keesokan harinya, atas permintaan Edison, surat kabar itu mengganti judul berita utamanya menjadi: “Setelah 9.955 kali berhasil menemukan lampu yang gagal menyala, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala”

Gagal, Berkembang terus!

Pada usia 22, Edison memperoleh paten pertamanya untuk mesin perekam suara telegrafik yang dirancangnya untuk badan legislatif. Dengan alat itu, setiap anggota badan legislatif cukup menggerakkan satu tombol pada mesin yang akan merekam RUU yang dipilihnya. Sayangnya, alat tersebut ditolak badan legislatif karena cara kerjanya yang lambat. namun ia kemudian menyempurnakan kembali dan jadi penemuan yang digunakan khalayak banyak

Money is a medium to create “More”

Setelah menjual quadruplex telegraf yang dibeli Western Union seharga $10 ribu, Edison menggunakan uang yang diperolehnya untuk membangun sebuah tempat yang sengaja akan dikhususkannya untuk terus menghasilkan serta mengembangkan produk inovasi teknologi. Tempat yang terletak di Menlo Park, New Jersey itu akhirnya berkembang menjadi laboratorium riset industri pertama di dunia. lihat bagaimana Edison mengendalikan egonya saat menerima $10ribu yang saat itu sangat amatlah banyak, dan menggunakannya untuk riset lagi agar menemukan hal hebat lainnya, BRILLIAN!

The real Value is when We help othersKonsep dan implementasi pembangkit tenaga listrik beserta pendistribusiannya ke rumah, kantor, dan pabrik sangat penting dalam perkembangan dunia industrialisasi modern. Edison lah yang pertama kali muncul dengan konsep itu. Pembangkit tenaga listriknya yang pertama dibangun di Manhattan Island, New York pada 1882.
Begitulah cerita singkat saya mengenai ilmuwan dan penemu favorit saya, Thomas Alva Edison. Berdasarkan Cerita tersebut saya Ingin menjawab 3 pertanyaan UTS pak Apiq
1. Untuk mengembangkan Inovasi dan kreatifitas kita bisa mengembangkan di segala bidang, dari cara kita berkendara, menonton tv ataupun bahkan dari cara kita menembak cewe sekalipun, tidak harus dalam bidang teknologi ataupun seni design yang penting sepeti Edison, Think Out of the box dan always see new opportunity. saat waktu dan kesempatan datang jangan ragu untuk mengabil langkah maju. seperti dalam buku The World Is Flat karya Thomas L friedman
, tentang globalisasi dan mudahnya interaksi orang saat ini karena adanya internet dan segala kemajuan teknolohi lainnya, membuat peluang setiap negara, bangsa bahkan hingga individu untuk berkembang sangat sama. ini dikarenakan asset yang dulu mahal yaitu “informasi” kini tidaklah semahal dulu semenjak hadirnya internet. Buku ini mengajarkan bagaimana untuk emnang dan unggul di dunia yang semuanya serba “datar” dan ekuivalen. Ini berarti,w alaupun kita tidak dari engara maju seperti Amerika ataupun inggris, kita tidak perlu takut karena kini kita memilki kesempatang yang sama seperti mereka. Untuk pengembangan Inovasi dan kreatif mari ingat, 5 level kreatif dan 4 level inovasi. ITB tentu saja dapat dengan mudah mendapatkan fasilitas agar bisa langsung masuk level 2 atau 3 kreatifitas karena adanya berbagai cabang ilmu yang dapat kita pelajari, walaupun tanpa bakat alami, dan jika terlalu mahir mungkin sudah bisa dikategorika level 5 dimana saat itu hanya dirinya sendirilah yang mengerti karya kreatifnya. 4 level inovasi juga berperan penting .. level 1 : inovasi yang biasa dan pemikiran ide yang menggugaj sesaat, level 2 saat kita bisa menambahkan fitur baru atau bahasa bisnisnya menambah nilai jual ( contoh keripik maicih) level 3 saat kta bisa memperhitungkan resiko dan keempat ya seperti thomas alva edsion tadi, bisa mengubah DUNIA ( AMINN AKU JUGA BISA). Jadi opportunity ada disekitar kita dan sering googling aja buat cari “informasi” dan peluang baru seperti teori buku Friedman :p.
2. masalh yang dihadapi sehingga menghambat proses inovasi dan kreatif adalah ;
  • Internal diri ; Kemauan diri yang kurang sehingga malas, tidak disiplin, cenderung bergantung pada orang lain, tidak ada semangat untuk “Move”
  • Keluarga, ya betul dorongan dari orang terdekat dan kehidupan semasa kecil bisa mempengaruhi kita, seperti edison yang terus diberi bimbingan tanpa tuntutan, membuatnya bebas melaukan inovasi dan bisa menjadi one of the greatest man ever lived 😀
  • Teman, dimana kita bergaul seperti itulah kita, ya jika kita berteman dengan orang jahat, ya jadilah jahat kita, kuta bergaul dengan pencopet ya jadilah pencopet kita, bergaul dengan cendikiawan, jadilah cendikiawan kita
  • Ketakutan.. takut, malu sama saja. ketakutan ini bahkan kadang hadir tanpa sebab menyebabkan diri kita terkekang dalam suatu bui yang membatasi ketifitas kita
  • Medium atau saran, Ide brilian tanpa aada tempat mencurahkan dan berbagi sama saja menemukan emas di bulan, tidak bisa dijual!. jadi pentingnysa sarana dan akomodasi kreatifitas khusunya mahasiswa sangatlah penting
3. cara menanggulangi itu semua seperti nama gw ingat BALABAN! 😀 :)) 😀
  1. B – Bergerak! ya betul kawan2 move your lazy ass dan start your own idea happen, allah memang membantu kita mendapatkan ide namun sperti kata bung rhoma bilang , tanpa Ikhtiar Doa otu sia-sia 😀
  2. A – Ambilah Kesempatan ! seperti Edison yang menilhat setiap masalah sebagai kesempatan baru untuk berkembang, kembangkan kreatifitas dengan adanya Masalah
  3. L – Latihan! Practice makes Perfect Guys, so teruslah berlatih dan rajin bereksperimen, siapa tahu dengan ribuan eksperimen yang kita buat, kita bisa menjadi seperti Edison !
  4. A – Aktualisasi Diri ! MAu maju jangan KUPER! terus gali informasi dan berita, jangan sampai menjadi ornag yang tidak tahu, we never know where and when the great ideas come, so get the information flow rite guys!
  5. B _ Bunuh rasa takutmu- rasatakutmu hanya akan membawamu ke LAUT! don be afraid and be brave, even einstein and Edison never afraid to blow up his lab
  6. A – Ambillah Tanggung jawab, berani berbuat berani juga bertanggung jawab, tidak selalu buruk kok, menagkui dengan gigih hasil karya kita.kita bisa bertanggung jawab dengan hasil paten kita ehehe.. isnt that cool ?
  7. N – No Individual , buatlah sesuatu yang bermanfaat bagi khalayak banyak, buatlah sesuatu yang lebih dari sekedar uang, materi dan kekuasaan
to sum up i want to say my motto in life
Take the risk, Take the chance, Take the responsibility
-M.Qareza Qualdi-
FOR GREATER GOOD OF HUMAN MANKIND
I love you Susu Always have and always will 😀 *love
Muhammad Qareza Qualdi
19009044
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • October 2011
    M T W T F S S
    « Sep   Dec »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
%d bloggers like this: